Roadshow Ke-6 Telematika Seprovinsi Banten di Kabupaten Tangerang

Posted on Maret 10, 2011 oleh

5


Pada hari Rabu (9 Maret 2011) ada sebuah kegiatan bermanfaat yang saya hadiri, yaitu Roadshow Telematika Seprovinsi Banten yang dilaksanakan di Kabupaten Tangerang. Tuan rumah untuk acara ini adalah SMKN1 Panongan. Saya hadir pada kegiatan tersebut mewakili Komunitas Bloger Benteng Cisadane dan Komunitas Online ++ Kabupaten Tangerang.

Roadshow Telematika Kabupaten Tangerang merupakan roadshow ke-6 yang diselenggarakan oleh Forum Relawan Telematika (FORMAT) Banten yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten. Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan BAGOS (Banten Go Open Source), memberikan pelatihan Internet Sehat, cara pembuatan blog dan penyebarluasan informasi Kompetisi Blogger Banten 2011 yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Banten. Hadir dalam kesempatan pembukaan Roadshow, Kepala Bidang PATPTI Dishubkominfo Provinsi Banten Bapak Dwi Yudo Siswanto,S.Kom,M.Msi, Kepala Seksi Pemberdayaan Telematika dan Sisten manajemen Informasi Bapak Wahyu Priatna,SH, Ketua Umum Forum Relawan Telematika (FORMAT) Provinsi Banten Bapak TB. Azis Keben, Ketua Harian FORMAT Banten Bapak Sisyanto Rushjam,SE dan Kepala SMKN 1 Kab. Tanggerang Bapak Drs.H. Jarmas Supiandi,M.Pd selaku Tuan Rumah Penyelenggaraan Roadshow Telematika Yang Ke-6 ini.

roadshow telematika kab tangerang

Peserta Roadshow Telematika Kabupaten Tangerang adalah guru dan perwakilan siswa/siswi dari sekitar 25 SMA/MA/SMK di Kabupaten Tangerang. Para peserta roadshow tersebut nantinya diharapkan untuk dapat menyebarluaskan materi yang disampaikan pada saat roadshow kepada kawan-kawan mereka baik di sekolah masing-masing maupun yang berbeda sekolah. Peserta juga diharapkan untuk menjadi peserta Kompetisi Blogger Banten 2011 karena peserta kompetisi blog tersebut akan diundang hadir pada acara Gathering Party Blogger Banten yang akan diselenggarakan di Anyer pada tahun ini juga.

peserta roadshow telematika kab tangerang

BAGOS dan Internet Sehat

BAGOS atau Banten Go Open Source adalah sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat Banten untuk beralih dari penggunaan piranti-piranti lunak berbayar dan bajakan ke piranti-piranti lunak opensource. Kegiatan ini untuk mendukung program IGOS atau Indonesia Go Open Source yang sudah diluncurkan sejak 2004 yang lalu.  BAGOS diluncurkan oleh Gubernur Banten pada awalmaret 2011 ini diBSD.

Kegiatan berinternet sehat penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat pengguna internet terutama kalangan pelajar agar para pengguna internet dapat menggunakan media daring itu untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan produktif. Materi-materi internet sehat yang dipaparkan pada kegiatan Roadshow Telematika Seprovinsi Banten merujuk pada website Internet Sehat. Dengan penyebarluasan dan ajakan untuk berinternet sehat tersebut diharapkan para peserta dapat memahami bahwa di internet segala macam hal tersedia, akan tetapi, tentu akan lebih bermanfaat apabila kita dapat memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan-kegiatan kita yang positif dan produktif.

Pengenalan KBBC dan TopiBambu

pengenalan kbbc dan topibambu

Pada kegiatan Roadshow Telematika Kabupaten Tangerang tersebut saya mendapat kesempatan untuk memperkenalkan komunitas blogger yang ada di Tangerang yaitu Komunitas Bloger Benteng Cisadane dan komunitas online plus-plus Kabupaten Tangerang (TopiBambu). Komunitas Bloger Tangerang pada kegiatan roadshow telematika sekaligus menyatakan kesiapan untuk menjadi koordinator pendaftaran Kompetisi Bloger Banten 2011 sekaligus koordinator untuk keberangkatan ke acara Gathering Party nanti. Kepada para peserta yang semuanya berasal dari Kabupaten Tangerang juga diperkenalkan TopiBambu, sebuah komunitas online plus-plus yang didirikan sebagai wadah silaturahmi sekaligus berperan serta dalam pemberdayaan masyarakat Kabupaten Tangerang.

Baraya TV

diwawancara oleh Baraya TV

Di sela-sela penyelenggaraan kegiatan Roadshow Telematika Kabupaten Tangerang saya bersama dengan Ketua Umum FORMAT Banten, yaitu Bapak Tb Azis Keken, sempat diwawancarai oleh Baraya TV atau Banten Raya TV. Pertanyaan wawancara berkisar pada kegiatan Roadshow Telematika Kabupaten Tangerang, BAGOS dan peran blogger untuk mendukung BAGOS. Pada kesempatan wawancara tersebut KBBC dan TopiBambu menyatakan dukungan kepada FORMAT Banten dan siap untuk membentuk Korwil FORMAT Kabupaten Tangerang.

Posted in: Kegiatan