Berkunjung Ke atau Berkunjung Di

Posted on Oktober 1, 2010 oleh

9


Akhir-akhir ini saya terganggu dengan berita dari Radio Elshinta (satu-satunya radio yang saya dengar) karena koresponden Radio Elshinta sering menggunakan frasa “berkunjung di” untuk melaporkan pejabat yang sedang berkunjung ke suatu tempat.

Sepengetahuan saya, kata berkunjung diikuti kata depan ke menjadi berkunjung ke, bukan berkunjung di.

Penggunaan frasa “berkunjung di” tersebut pernah juga saya baca di media online. Entah bagaimana redaksi Radio Elshinta atau media online yang memiliki koresponden yang Bahasa Indonesianya seperti itu. Atau, jangan-jangan saya yang salah menggunakan frasa “berkunjung ke”?

Iseng-iseng saya cari di Google dengan keywords “berkunjung di” dan “berkunjung ke”. Hasilnya adalah ada 136.000 hasil pencarian untuk “berkunjung di” dan 1.310.000 untuk “berkunjung ke”.

Simpulannya apa? Silakan disimpulkan sendiri.

Posted in: Bahasa Indonesia