Pindah Hosting 20 Juli 2010

Posted on Juli 21, 2010 oleh

9


Pada 19 Juli 2010 saya mendapatkan email dari JustHost, penyedia layanan web hosting yang saya pakai. Isinya menyampaikan bahwa akun webhosting saya di JustHost ditangguhkan secara permanen. Alasannya, blog MohArifWidarto.com ini menggunakan sumberdaya peladen sampai dengan 92%.

Saya telah beberapa kali mengalami penangguhan dari JustHost. Setiap kali ditangguhkan saya kirim email untuk minta dilepas penangguhannya. Akan tetapi, saat menerima email penangguhan yang terakhir, saya langsung kirim email ke JustHost yang isinya menyatakan saya keluar dari JustHost dan jangan kirimi email untuk memperpanjang akun lagi apabila waktu untuk memperpanjang sewa sudah tiba. Terus terang capai juga apabila setiap kali akun webhosting kita ditangguhkan.

Saya tidak memiliki gambaran mengenai penyebab blog saya ini menggunakan sumberdaya peladen sampai dengan 92%. Blog ini rasa-rasanya biasa saja. Jumlah kunjungan tidak terlalu banyak. Bisa jadi karena sebelumnya blog menggunakan tema yang pada halaman indeksnya menggunakan banyak query ke peladen basis data. Karena, penggunaan 92% sumberdaya itu memang dimonopoli oleh halaman index.php. Hmm…

Kegiatan pemindahan hosting saya lakukan kemarin. Domain segera saya arahkan ke webhosting yang baru kemudian saya instal wordpress dan saya naikkan kembali back up yang pernah saya buat. Back up itu hanya sampai Juni 2009. Oleh karena itu, saya kemudian menggunakan tembolok google untuk mengembalikan beberapa kiriman saya. Sampai saat ini masih ada beberapa kiriman yang belum saya kembalikan karena kiriman tersebut menggunakan gambar yang saya unggah ke peladen hosting yang lama sehingga berkas gambar tidak dapat diambil.

Saya bukannya tidak tahu bahwa basis data blog harus di-backup secara berkala. Dulu saya sering melakukan. Buktinya, sampai Juni 2009 saya masih memiliki backupnya. Akan tetapi, backup itu akan menjadi tidak berguna apabila gambar yang kita pergunakan untuk blog kita simpan di peladen yang sama dengan website kita. Pada saat akun kita ditangguhkan maka gambar-gambar tersebut tidak dapat diakses. Dus, ada baiknya gambar disimpan di situs image sharing atau situs penyimpanan berkas daring seperti photobucket, flickr, picasa, atau skydrive.

Catatan Facebook

Mengimpor pengumpan RSS kita ke catatan facebook ternyata ada gunanya. Hal ini saya alami sendiri. Saya menggunakan catatan facebook sebagai pemandu saya untuk mencari kiriman-kiriman saya di tembolok google.

Pertama-tama saya buka catatan facebook saya lalu satu per satu saya ketik judul lengkap artikel saya di formulir pencarian google. Setelah ketemu hasil pencarian, saya klik tembolok google. Google memotret halaman web kita secara periodik. Untuk blog, bukan hanya kiriman kita saja yang disimpan di dalam tembolok melainkan juga tanggapan-tanggapan pengunjung, apabila ada.

Gambar di atas adalah indeks catatan facebook saya dan gambar di bawah adalah salah satu artikel yang saya cari di google untuk saya ambil temboloknya.

Semoga pengalaman mencari kiriman lama lewat tembolok google ini bermanfaat untuk Kawan-Kawan semua.

Ditandai:
Posted in: Uncategorized