Pesta Bola Sejagad Telah Usai

Posted on Juli 15, 2010 oleh

0


Dini hari 12 Juli 2010 merupakan hari pamungkas dari perhelatan pentas turnamen sepak bola paling populer di atas jagad, yaitu Piala Dunia. Sebulan lamanya para pecinta bola dimanjakan dengan pertandingan-pertandingan kelas dunia walaupun tidak semuanya merupakan pertandingan terbaik. 11 Juni sampai 11 Juli 2010 (di Indonesia menjadi 11 Juni sampai 12 Juli 2010 karena perbedaan waktu).

Walaupun bukan penggila bola, hampir semua pertandingan saya ikuti kecuali pertandingan di babak penyisihan yang dimainkan pada dini hari di hari kerja. Ajang Piala Dunia yang dilangsungkan empat tahun sekali sungguh sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika kita menyaksikan pertandingan itu secara bersama-sama baik dengan teman maupun tetangga. Ada kesan dan kemeriahan tersendiri yang tercipta dari suasana nonton bareng tersebut.

Saya biasa nonton bareng pertandingan Piala Dunia 2010 di warung kopi milik Uda Makmur yang letaknya di samping kiri rumah saya. Nontonnya bersama beberapa tetangga. Selain menonton, saya juga acapkali memberikan prediksi-prediksi mengenai siapa yang menang maupun skornya. Kebanyakan prediksi saya mengenai tim yang menang terbukti walaupun angkanya meleset. Ada prediksi yang angkanya pun tepat yaitu saat pertandingan antara Slovakia vs Paraguay, saya memprediksi skor akhir 0 – 2. Prediksi tersebut saya tulis di status twitter saya:

Sudah lama tidak memprediksi #pialadunia di #tempobola dus malam ini Slovakia 0 vs Paraguay 2

Prediksi tersebut benar dan oleh Wisdom_of_Fans nama saya disebut bersama beberapa pengguna twitter yang lain.

Well done to the following top tippers (#par Paraguay 2-0 #svk Slovakia) @moharifwidarto @jramos871 @WhoHarr @anderson_r91 @LewisBak @BlackthornStand #wof

Prediksi yang angkanya meleset tetapi pemenangnya benar adalah saat Argentina berhadapan dengan Korea Selatan.

Prediksi saya #arg 3 vs #kor 0

Hasil akhir pertandingan itu adalah Argentina 4 vs Korea Selatan 1.

Bagaimana dengan saat final antara Belanda melawan Spanyol?

Saat pertandingan babak pertama sudah berlangsung beberapa menit, saya memprediksi bahwa Spanyol yang akan menang. Skor tidak saya sebutkan, hanya pemenangnya. Saya menuliskannya dalam dua cericit:

Spanyol dan Belanda sama-sama penjajah. Terawangan ngawur saya, Belanda akan eleh.”

I predict Spain will claim the #worldcup  2010 title. Let us see.”

Kini pesta bola itu sudah selesai. Spanyol menjadi Juara Dunia baru. Gelar itu melengkapi gelarnya sebagai Juara Eropa 2008. Gelar yang pernah dicapai oleh Jerman pada tahun 70-an.

Demam bola sudah usai. Kehidupan akan kembali ke tingkat normal lagi. Akan tetapi, satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah bahwa sebagai Bangsa Indonesia tentu kita ingin Kesebelasan Garuda kita tonton bersama laganya di pentas Piala Dunia melalui acara-acara nonton bareng. Tidak seperti sekarang, kita selalu menyaksikan laga dari kesebelasan-kesebelasan negara lain.

Apakah 2018 kita bisa menyaksikannya?

Ditandai:
Posted in: Uncategorized