Analisis Di Luar Kotak Soal Century: Boediono Jatuh Hatta Rajasa Jadi Wapres

Posted on Februari 10, 2010 oleh

0


Pansus Angket Century sudah akan mencapai masa akhir kerjanya. Kita semua masih belum tahu rekomendasi apa yang akan dikeluarkan oleh DPR kepada Pemerintah dari kesimpulan Pansus AngketCentury walaupun dari pandangan awal fraksi kita melihat ada tujuh fraksi yang memberikan pandangan bahwa bailout Bank Century bermasalah dan hanya dua yang menyatakan bailout Bank Centurytidak bermasalah. PKB menjadi bebek bagi PD. PPP memberikan pandangan awal bahwa bailout Bank Century bermasalah kemungkinan besar ada kaitannya dengan Bachtiar Chamsah yang menjadi tersangka KPK. Golkar dan PKS sejak awal Pansus bekerja sudah mengindikasikan bahwa pandangan awalnya akan menyebutkan bahwa bailout Bank Century bermasalah. Yang menjadi kejutan adalah PAN yang selama Pansus bekerja nampaknya akan memberikan pandangan awal yang sama dengan PD ternyata memberikan pandangan awal yang berbeda. Ada apa dengan PAN? Marilah kita bermainanalisis sejenak. Analisis yang kita buat dengan berpikir di luar kotak.

Apa yang akan saya paparkan di sini hanyalah analisis saya. Bisa jadi, apa yang saya paparkan di bawah ini tidak benar. Akan tetapi, marilah kita bermain-main sejenak mengenai dunia perpolitikan nasional kita.

Analisis saya adalah bahwa PD sangat berat untuk mempertahankan Boediono. Oleh karena itu, PD akan mencari cara yang santun dan beretika untuk melepaskan Boediono. PD tidak mungkin memberikan pandangan bahwa bailout Bank Century bermasalah. Oleh karena itu, harus ada pihak lain yang dapat membuat Pansus berkesimpulan bahwa bailout Bank Century bermasalah. Siapakah pihak lain itu? Golkar dan PKS bisa dibaca melalui pertanyaan-pertanyaan selama Pansus memanggil saksi dan ahli. Kedua partai itu nampaknya akan menyimpulkan bailout Bank Century bermasalah. PKB jelas akan mengikuti saja apa kata PD. Nah, unsur yang dapat dimainkan menurut saya justru PAN. PAN ini memberikan sinyal akan mengamankan koalisi dan ditengarai akan memberikan simpulan bahwa bailout Bank Century tidak bermasalah. Partai inilah yang dipilih oleh PD untuk membuat Pansus Angket Century pada akhirnya menyimpulkan bahwa bailout Bank Century bermasalah. Simpulan yang diambil melalui pengambilan suara terbanyak (voting).

Dengan simpulan akhir bailout Bank Century bermasalah maka posisi Boediono sebagai Wakil Presiden tidak aman dan Wapres bisa diganti. Apabila DPR mengusulkan pemakzulan Wakil Presiden kepada MK kemudian MK mengkaji dan meluluskan maka MPR akan bersidang. Apabila MPR menyetujui pemakzulan Wapres maka sebagai gantinya Partai Koalisi akan mengajukan dua calon Wapresyang akan dipilih oleh MPR dan tidak lagi dipilih secara langsung oleh rakyat. Nah, calon Wapres kemungkinan akan ada dua. Satu dari PKS dan satu dari PAN. PD pada akhirnya akan mendukung calonWapres pengganti dari PAN yang menurut saya tidak lain dan tidak bukan kecuali Hatta Rajasa. Bagi Hatta Rajasa sendiri, apabila skenario berdasarkan analisis ini benar, maka naiknya ke posisi Wakil Presiden akan menjadi batu loncatan untuk maju sebagai Calon Presiden pada 2014 nanti. Hatta Rajasa tentu akan menggenjot PAN habis-habisan guna meningkatkan perolehan suara PAN pada Pemilu 2014.

Entah benar atau tidak isu di luar sana yang mengatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan berbesanan dengan Hatta Rajasa. Ibas akan mendapatkan putri kedua Hatta Rajasa. Apabila isu itu benar, tentu analisis di atas akan semakin kaya. Bayangkan saja ada Presiden berbesanan dengan Wakil Presiden. Itu akan menjadi peristiwa bersejarah yang pertama kali terjadi di Indonesia.

Benar atau tidaknya analisis di atas marilah kita tunggu apa yang akan terjadi di atas panggung perpolitikan nasional kita.

Ditandai:
Posted in: Politik