Dukungan Untuk Prita Mulyasari

Posted on Juni 3, 2009 oleh

6


Melalui kiriman pendek ini, Saya memberikan dukungan moral untuk Prita Mulyasari, seorang pasien Rumah Sakit Omni Internasional Serpong (Alam Sutera) yang digugat oleh pihak rumah sakit karena emailnya yang dikirim ke beberapa orang temannya dianggap telah mencemarkan nama baik rumah sakit. Email itu dapat dibaca di sini.

Prita Mulyasari kalah di persidangan perdata. Naik banding. Ia juga menghadapi persidangan pidana dan dijerat Pasal 27 Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Prita Mulyasari kemudian ditahan di LP Wanita Tangerang dengan alasan dia dikenai ancaman 6 tahun penjara.

Jaksa tidak memberikan alasan bahwa terdakwa akan menghilangkan barang bukti atau pun akan melarikan diri. Oleh karena itu, Aliansi Jurnalis Independen menyatakan bahwa hak anak Prita Mulyasari sudah dilanggar. Prita Mulyasari memang memiliki dua orang anak yang masih kecil. Satu diantaranya bahkan masih disusui.

Dukungan untuk menuntut agar Prita Mulyasari tidak ditahan di LP Wanita Tangerang semakin meluas. Sebelum AJI, PBHI pun sudah mengeluarkan tuntutan agar Prita Mulyasari tidak ditahan di LP Wanita Tangerang tetapi cukup dikenakan tahanan rumah. Para blogger pun banyak yang memberikan dukungan.

Kami dari Komunitas Bloger Benteng Cisadane pun memberikan dukungan kepada Prita Mulyasari dan meminta agar Prita Mulyasari tidak ditahan di LP Wanita Tangerang.

Saya ikut menyuarakan seruan agar Prita Mulyasari dibebaskan dari tahanan. Bukan hanya itu, saya juga minta agar Prita Mulyasari dibebaskan dari tuntutan pencemaran nama baik. Pada saat maju jadi caleg, saya sudah menandatangani kontrak politik untuk tidak menggunakan pasal pencemaran nama baik. Kini, saya pun meminta agar Rumah Sakit Omni Internasional Serpong mencabut gugatan tersebut. Apabila merasa tidak melakukan apa yang diceritakan oleh Prita Mulyasari melalui emailnya, Rumah Sakit Omni Internasional Serpong dapat memberikan penjelasan melalui media serupa.

Bebaskan Prita Mulyasari. Cabut pasal mengenai pencemaran nama baik.

Untuk bergabung dalam seruan itu, Anda dapat memasang banner dukungan atau Anda pun dapat bergabung pada seruan di Facebook ini.

Posted in: Nasional, Perjuangan