Website Komisi Pemilihan Umum Yang Baru Kurang Lengkap

Posted on Agustus 12, 2008 oleh

3


Komisi Pemilihan Umum adalah lembaga negara yang diberi tanggung jawab untuk menjadi penyelenggara pemilihan umum di Republik Indonesia. Segala hal mengenai pemilihan umum sudah barang tentu harus dicari rujukannya ke Komisi Pemilihan Umum. Ingin mencari hasil tabulasi nasional Pemilu 2004 ke KPU-lah memintanya. Mau bertanya mengenai pemetaan daerah pemilihan pada Pemilu 2009, KPU-lah yang harus dituju.

Menyadari hal di atas, sudah seharusnya KPU sebagai satu-satunya lembaga yang berwenang dalam urusan pemilu mampu menyediakan semua yang berkaitan dengan informasi pemilu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak pada tempatnya kalau masyarakat harus bertanya mengenai pemilu kepada LSM karena KPU-lah sentral informasi pemilu tersebut.

Website KPU merupakan sebuah sarana yang sangat ampuh untuk menyediakan segala informasi yang berkaitan dengan pemilu 2009. Dengan penyediaan website yang representatif, masyarakat akan dapat mengakses informasi seputar pemilu tanpa harus dibatasi ruang dan waktu. Sayangnya, website KPU hasil pengembangan yang ada saat ini benar-benar tidak representatif. Pada website KPU hasil pengembangan ini kita tidak dapat menemukan:

  • Tabulasi Nasional Pemilu 2004
  • Daftar Daerah Pemilihan (Dapil) 2009

image Pada navigasi Pemilu 2009, ada tiga menu di sana, yaitu Undang-undang / Peraturan, Partai Partai dan Peta Daerah Pemilihan. Sayangnya, halaman Partai Partai dan Peta Daerah Pemilihan per hari ini (12 Agustus 2008) masih kosong. Tidak ada daftar nama dan lambang partai di halaman Partai Partai dan tidak ada peta daerah pemilihan pada halaman Peta Daerah Pemilihan. Bahkan, daftar daerah pemilihan pun tidak ada. Daftar partai peserta pemilu 2009 sendiri dapat diakses pada halaman ini setelah terlebih dahulu melakukan proses pencarian. Sedangkan, daftar daerah pemilihan sendiri tidak berhasil ditemukan. Padahal, sebelum peta daerah pemilihan bisa dipasang di website KPU, sangat mudah untuk mempublikasikan daftar Daerah Pemilihan 2009. KPU dapat menyediakannya dalam format halaman web maupun file PDF yang dapat diunduh oleh pengunjung.

Saya sendiri menganggap bahwa dengan dihilangkannya hasil tabulasi nasional Pemilu 2004 dari websitenya, KPU telah melakukan langkah mundur. Pengembangan website yang dilakukan oleh  KPU saat ini pun bisa jadi merupakan kemunduran. Website KPU saat ini dibuat dengan aplikasi CMS berupa Joomla yang merupakan sebuah aplikasi CMS opensource. Favicon joomla pada wesbite KPU pun masih belum diubah dari favicon joomla.

imageSaya tidak menitikberatkan pada penggunaan joomla yang merupakan aplikasi open source di sana. Yang saya amati justru besaran nilai pekerjaan pengembangan website KPU yang menggunakan CMS joomla ini. Aplikasinya sendiri gratis. Yang pelu dibayar hanya kastemisasi desain dan sedikit pemrograman untuk tata letak (layouting). Bukan pekerjaan yang sulit apabila dibandingkan dengan pekerjaan membangun aplikasi CMS dari nol.

image Hal kedua yang menjadi perhatian saya, karena website ini merupakan pengembangan, sebaiknya website ini tidak mengurangi menu yang disediakan oleh website yang lama (contohnya hasil tabulasi nasional pemilu 2004) sehingga masyarakat masih dapat mengaksesnya.

Mengenai hasil tabulasi pemilu 2004, kita dapat mencontoh website KPU Daerah Istimewa Yogyakarta. Website KPU DIY ini memiliki halaman Pemilu 2004 yang menyediakan tabulasi hasil pemilu 2004 untuk wilayah DIY baik untuk DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPR Kota/Kabupaten, Pilpres I dan Pilpres II.

Sungguh sangat mengherankan apa yang diperlihatkan oleh KPU dalam memperbarui websitenya karena justru mengurangi menu-menu yang disediakan pada website yang lama. Lagipula, buat apa website KPU diperbarui dengan merombak total? Tentu alangkah lebih mudah dan murah apabila KPU hanya melakukan penambahan atau pengeditan pada menu atau halaman-halaman terntentu, misalnya, daerah pemilihan yang berubah tinggal diganti dengan memublikasikan daerah pemilihan yang baru. Coba bayangkan apabila KPU untuk pemilu 2014 nanti juga melakukan pembaruan website. Jangan-jangan, website KPU hanya berisi logo KPU dan di bawahnya diberi tulisan “Website ini sedang dalam proses perubahan desain” tetapi sampai habis masa kerja KPU periode itu websitenya tidak pernah selesai.

Bagaimana menurut Sampeyan?

About these ads
Posted in: Nasional, Politik